Tips Vokal Nada Tinggi

Menyanyi merupakan salah satu hobi yang hampir disukai oleh semua orang. Dalam menyanyi ada banyak sekali nada yang dihasilkan mulai dari nada yang rendah hingga yang tinggi. Bagi Anda yang ingin memiliki suara yang bagus saat bernyanyi sehingga bisa menyentuh nada tinggi, tips vokal untuk nada tiggi berikut ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi Anda saat bernyanyi.

1.    Kenali Tipe Suara
Sebelum Anda bernyanyi dan melatih nada tinggi Anda, ada baiknya Anda mengetahui tipe suara Anda terlebih dahulu. Jenis atau tipe suara pada pria tentu berbeda dengan perempuan. Pada pria, jenis suara dibedakan menjadi 3 jenis yaitu tennor, bariton, bass. Sama halnya dengan perempuan, jenis suara perempuanpun di bagi menjadi 3 yaitu sopran, mezzo sopran dan alto. Dengan mengetahui jenis suara Anda terlebih dahulu, sehingga Anda bisa mengetahui nada terendah hingga nada tertinggi yang bisa Anda ambil.

2.    Teknik Pernapasan
Melatih pernapasan sangat penting bagi Anda yang ingin memiliki suara yang bisa mencapai nada yang tinggi. Nada tinggi biasanya membutuhkan napas yang cukup panjang sehingga Anda bisa mulai melatih teknik pernapasan dalam bernyanyi seperti pernapasan bahu, dada hingga diafragma atau perut.

3.    Latihan
Setelah mengetahui tipe suara, dan melatih pernapasan tips vokal selanjutnya untuk bisa mencapai nada yang tinggi yaitu dengan latihan. Latihan tentu sangat penting dilakukan untuk melatih improvisasi saat bernyanyi. Anda bisa mulai melatih lagu yang memiliki range nada terendah hingga tertinggi. Seperti misalnya lagu “love on top” yang di nyanyikan oleh penyanyi kondang  Beyonce ini memiliki range nada yang sedang hingga yang tertinggi secara berurutan. Lagu ini sangat cocok untuk melatih suara Anda saat menyanyikan nada tinggi.

Selain ketiga hal tersebut, untuk mendapatkan tips vokal yang lebih intensif, Anda bisa mengikuti les vokal di Yamaha Musik Indonesia yang merupakan pioneer musik di Indonesia. Dengan mengikuti sekolah musik di Yamaha, Anda bisa mendapatkan latihan-latihan vokal dan juga arahan yang sangat intensif sehingga Anda bisa melatih suara dan nada tinggi Anda dengan baik.

 

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/vocal/