Cara memiliki gitar tanpa harus beli gitar

Untuk cara memiliki gitar tanpa harus beli gitar tentu sangat diperlukan keahlian yang khusus, serta harus berhati – hati dalam  memilih bahan yang akan digunakan untuk membuatnya. Bahan untuk membuat gitar akustik harus memiliki kualitas serta kekuatan yang baik, sehingga gitar akan mengeluarkan kualitas suara yang baik juga.

Tentunya akan sangat menyenangkan jika kita bisa membuat gitar akustik oleh tangan kita sendiri. Namun, untuk mendapatkan gitar akustik berkualitas baik seperti gitar yang berada di toko, anda harus berhati – hati dalam proses pembuatan gitar tersebut. Sedikit saja anda mengalami kesalahan dalam tahap pembuatan, maka akan berakibat tidak baik bagi gitar akustik yang anda buat. Lalu, bagaimana cara memiliki gitar tanpa harus beli gitar?

Untuk cara memiliki gitar tanpa harus beli gitar tentunya harus menggunakan bahan – bahan yang berkualitas, supaya gitar bisa digunakan tahan lama, begitu juga dengan kualitas suara yang dihasilkannya. Suara yang dihasilkan oleh gitar akustik buatan tangan kita sendiri tentunya harus menghasilkan suara yang sama serta baik seperti suara gitar pada umumnya. Jadi, anda harus belajar berkreasi, bersabar, serta berhati – hati dalam pengerjaan membuat gitar akustik.

Anda bisa membuat gitar akustik secara mudah dengan mengikuti cara memiliki gitar tanpa harus beli gitar di bawah ini.

4 cara memiliki gitar tanpa harus beli gitar

1.Pilihlah jenis kayu rosewood, cemara, maple, cedar, mahoni, serta kenari. Jenis kayu tersebut merupakan jenis kayu yang baik, tahan lama serta selalu digunakan bahan untuk membuat gitar. Walaupun memang masih banyak jenis kayu lainnya, namun jenis inilah yang terbaik.

2.Anda bisa membuat body depan serta belakang gitar dengan model yang berbeda, namun harus berukuran sama saat kedua bagian tersebut di jepit. Perlu anda ketahui juga, bahwa lubang suara untuk bagian depan sangat berpengaruh bagi suara yang akan dihasilkan. Semakin kecil lubang suara, maka akan menghasilka suara bass yang lumayan besar.

Begitu juga sebaliknya, semakin besar lubang suara, maka suara treble
akan lebih jelas.

3.Untuk membuat lengkungan bagian sisi gitar, sebaiknya gunakan
ukuran kayu yang tipis, serta rendam terlebih dahulu menggunakan air
Mendidih.

4.      Jika pembuatan body gitar akustik sudah selesai, selanjutnya
gabungkan bahan tersebut menggunakan lem khusus untuk kayu. Pastikan
anda menggunakan jenis lem yang terbaik, lalu rapatkan secara rata
serta rapih.

Jangan dulu memegang gitar, sampai bagian gitar benar – benar rapat oleh perekat lem. Untuk bagian selanjutnya seperti Fretboard, Heel, Bridge, Frets, Headstock, serta yang lainnya, anda bisa melihat contoh pada gitar yang sudah jadi. Perlu anda ketahui juga bahwa ini adalah cara memiliki gitar tanpa harus beli gitar, untuk mendapatkan kualitas gitar yang sangat baik tentunya anda bisa segera belanja ke toko alat musik terdekat di kota anda.