Tips mendapatkan permainan drum yang super cepat

Sering sekali para drummer pemula mengharapkan punya jalan pintas untuk bisa bermain drum dengan cepat. Lalu adakah cara pintas tersebut? Jawabannya adalah latihan dengan intensitas tinggi. Hanya latihan sempurnalah yang bisa memberikan hasil yang sempurna juga. Kita analogikan saja dengan saat kita belajar mengenarai mobil dengan cepat. Jika kamu tidak memiliki kelengkapan mobil maka kecil kemungkinan kamu bisa menguasai mobil tersebut dengan cepat.

Nah, hal senada juga bisa kamu aplikasikan dalam belajar drum. Beli drum dulu dan lengkapi semua kelengkapan instrumennya agar kamu bisa berlatih bermain drum dengan cepat. Masalahnya bermain drum dalam tempo cepat itu tidak mudah karena harus menginjak pedal yang sangat berat. Jalan keluar untuk masalah ini adalah gunakan pedal dengan ketegangan super tinggi, papan pedal panjang dengan sudut kaki ranjang sangat rendah.

Banyak band menggunakan trik ini dan sangat cocok untuk band-band yang memainkan musik keras seperti rock dan metal. Sebenarnya ada aturan yang harus kamu patuhi untuk masalah kecepatan ini yakni berkompromi dengan volume. Kita tidak bisa bermain cepat dan keras pada saat yang sama volume disetel rendah. Jika seperti ini yang ada kamu justru hanya kehilangan volume saja.

Jika kamu tidak piawai menyiasati masalah sound memang sebaiknya fokus untuk melatih kecepatan tangan dan kaki saja. Penggunaan metronome bisa membantumu mendapatkan kecepatan yang diinginkan. Imbangi dengan latihan angkat beban agar lengamu semakin kuat dan tahan lama mengenggam stik. Seringkali terjadi drummer mudah lelah dan kehilangan tempo kecepatan hanya karena lengannya sudah tak kuat lagi menggebuk snare.

Pantau terus latihanmu dan jangan biarkan diri sendiri melewati satu haripun untuk berlatih, karena absen melatih diri hanya akan membuat kamu lupa dengan tempo dan malas untuk kembali berlatih menjaga tempo. Pantau dengan cara merekamnya di handphone atau beli drum elektrik saja yang sudah dilengkapi dengan recorder.