Jenis-jenis kemampuan bermain musik

Setiap orang yang memiliki niat esktra pasti bisa memainkan musik dan memiliki kemampuan bermain musik, tergantung pada hasil belajar mereka. Apakah konsisten, apakah rajin atau hanya bermalas-malasan. Karena perlu anda tahu setiap orang memiliki jenis kemampuan bermain musik yang berbeda, sehingga lama dan cara bermainnya pun akan berbeda.
 
Kemampuan bermain musik itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni kemampuan bermain musik aktif dan kemampuan bermain musik pasif. kemampuan bermain musik aktif adalah kemampuan menampilkan dan mengembangkan musik baik yang berupa instrumental maupun iringan berdasarkan pengalaman bersentuhan dengan alat musik langsung.
 
Inti dari permainan musik jenis ini adalah kemampuan pengorperasian alat, membuat pilihan kombinasi suara, memilih style dan melakukan kombinasi. Sedangkan kemampuan bermain musik pasif adalh kemampuan memainkan alt musik dengan cara membaca (sight reading/sight playing) partitur buatan orang lain.
 
Untu jenis permainan ini bisanya terikat dengan penggunaan merek, jenis, series dan tipe alat tertentu saja. Pada jenis permainan musik pasif partitur digunakan sebagai acua utama dalam keseluruhan permainan dan biasanya tidak memerlukan pengembangan lagi. Kedua jenis permainan ini sama pentingnya untuk dipelajari.
 
Anda bisa mendalami keduanya dengan belajar ditemani iringan musik, beli keyboard dan pelajarilah kedua jenis permainan musik ini agar anda menjadi musisi yang berwawasan luas dan mampu bermain dalam segala tantangan.