Tips memeriksa kerusakan piano bagian luar

Tentunya ketika kalian akan beli piano bekas pemeriksaan menjadi episode yang penting untuk dilakukan. Pemeriksaan tidak hanya mengenai bagaimana suara piano terdengar namun juga tentang segi tampilan yakni apakah bagian luar piano masih bagus atau tidak. Kerusakan pada bagian eksterior tidak hanya akan mengurangi nilai estetika piano, tetapi dapat juga dapat menimbulkan masalah serius untuk bagian interior. Jika kalian belum begitu paham bagaiana cara mengecek kerusakan piano bagian luar, mudah saja. Ikuti petunjuka dibawah ini:

a. sumbing atau Keys Piano Bengkok
Tuts piano yang mendapatkan pemukulan biasa tidak akan menunjukkan kerusakan yang parah, namun jika terlalu diforsir penggunaanya mungkin kerusakan akan segera terlihat. Misalnya ada keys yang menganga, hal-hal seperti ini harus diwaspadai karena umumnya akan menimbulkan masalah serius pada bagian dalam piano. Sementara itu untuk menguji bagaimana kerusakan keys berimbas pada bunyi dengarkan dengan seksama volumenya, jika ada yang berbeda atau aneh pasti telah terjadi sesuatu

b. Celah di antara keys piano
Jika celah diantara tombol begitu besar itu artinya daerah tempat kalian menyimpan piano sangat lembab. Kawasan lembab merupakan ancaman serius bagi kesehatan piano. Perubahan cuaca juga bisa mempengaruhi eksterior kayu menyebabkannya mudah rapuh. Periksalah semua sisi piano retakan, goresan, dan perubahan warna. Jaga mata kalian untuk tetap jeli melihat kerusakan fisik yang terjadi

c. Respon Pedal Piano
Pedal piano yang telah kehilangan otot mereka memiliki kemungkinan besar menjadi terpisah dari bagian sekitarnya, pedal yang tidak bergerak sama sekali merupakan masalah yang lebih besar. Menguji setiap pedal dengan keyboard, pastikan piano hanya menghasilkan suara bersih dengan nada seimbang.

Memang bagi seorang pemula agak sulit melakukan tiga tips di atas, karena itu sangat disarankan untuk membawa orang yang lebih ahli atau kaka kelas yang lebih mengerti. Mereka akan menunjukkan kalian secara rinci dan langsung tentang piano bekas yang berkualitas. Tapi jika ada dana berlebih tentunya akan lebih baik untuk beli piano baru saja.