Memlih piano bekas

Di Indonesia piano adalah salah satu barang mewah sehingga tak banyak orang yang mampu memilikinya. Selain harganya yang mahal piano juga tidak sepopuler gitar, di Indonesia mungkin hanya ada beberapa saja yang mampu menjadi pianist hebat. Belajar pianopun juga tidak mudah, setidaknya kita harus beli piano sendiri untuk berlatih dirumah karena sejauh ini belum ada studio musik yang menyewakan piano.

Jika pun ada penyewaan studio musik yang dilengkapi piano maka latihan tetap tak akan berjalan maksimal. Sebenarnya ada cara lain yang bisa lakukan untuk memiliki piano yakni memilih piano bekas saja. Banyak sekali piano-piano habis pakai dari luar negeri yang dijual di Indonesia, yang perlu kita lakukan hanyalah memilih. Tapi memilih juga tidak bisa dilakukan sembarangan, ada teknik juga ada ilmunya.

Jika kita tidak mengerti sebaiknya menyewa seorang teknisi piano yang merupakan spesialis dalam menilai piano-piano bekas pakai. Opini atau pendapat mereka bisa kalian jadikan acuan agar tak salah memilih, teknik tidak pernah menjermuskan clientnya kecuali mereka yang nakal dan telah bekerjasama dengan para penjual. Selain menyewa teknik kita juga bisa mendapatkan penilaian piano secara online dengan biaya yang sangat rendah.

Ini adalah pilihan yang dianjurkan perkiraan kasarnya akan sangat bermanfaat. Karena penilaian dengan secara online tidak memungkinkan para teknisi untuk menyentuh secara langsung maka kitalah yang seharusnya memberikan penjelasan akurat. Misalnya, catat nomor seri piano untuk menentukan kapan tahun pembuatannya. Ini akan dipublikasikan dalam Blue Book of Piano atau referensi kerja seperti lainnya yang memperlihatkan kualitas dari piano tersebut.

Tapi perlu dipahami tidak semua piano berkualitas masih memiliki kualitas baik, pasalanya piano-piano tersebut sudah digunakan sepanjang tahun yang membuat performanya semakin menurun apalagi jika sang empunya tipikal pribadi yang jorok. Pastikan semua bagian dalam kondisi sangat baik dengan papan suara bebas dari retak. Jangan sampai kita hanya mendapatkan bangkai piano.

http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments/keyboards/digitalpianos/dp_dgx_series/dgx-650/?mode=model