Tips Rekaman

Bila kalian senang melakukan rekaman dan post-processing, kamu dapat menyimpan karya-karyamu ke disk dengan Ekspor Audacity. Ada beberapa pilihan ekspor audacity namun yang lebih banyak disorot adalah file WAV dan MP3. Ekspor sebagai file WAV adalah cara terbaik untuk menyimpan rekaman jika kamu masih berniat untuk mengeditnya.

File WAV adalah audio yang sudah terkompresi dan berisi semua yang direkam. Memiliki kapasitas yang juga sangat besar yakni sekitar 10 megabyte selama 1 menit suara stereo. Jika kamu ingin mem-burn rekaman ke CD-R, file WAV adalah cara terbaik. Sementara Ekspor sebagai file MP3 bisa kalian pilih jika ingin menyimpan rekaman yang akan dipublish lewat internet.

File MP3 terkompresi audio, yang berarti kapasitasnta jauh lebih kecil dari file WAV dengan kualitas yang kurang baik juga. Untuk mengekspor rekaman sebagai file MP3 dari Audacity, kamu perlu menginstal encoder MP3. Kamu juga bisa menggunakan program terpisah untuk membuat file MP3. Banyak yang memilih menggunakan WinLame (gratis).

Sementara untuk Kualitas suara WAV dan file MP3 yang memiliki berbagai format berbeda tentunya mempunyai kualitas yang tak sama. Yang jelas ada garis lurus yang bisa ditarik antara besar suara dan ukuran file: semakin rendah kualitas, semakin kecil file yang akan dihasilkan.

-File WAV: 44100 Hz, 16-bit, stereo. Kamu tidak perlu khawatir tentang hal ini ketika kamu menggunakan Audacity, tetapi dalam perangkat lunak perekaman lain Anda mungkin perlu mengkonfigurasi ini dengan tanganmu langsung. Jika kamu memiliki soundcard yang dapat merekam pada resolusi yang lebih tinggi (misalnya 96 kHz 24-bit), gunakan saja

-File MP3: Encode pada 128 kbps atau lebih tinggi. Banyak yang menggunakan 192 kbps dengan "kecepatan bit konstan" (CBR) di 44100 Hz. Beberapa encoders MP3 menggunakan "variabel bitrate" (VBR) secara default, tapi tidak banyak pemain musih yang bisa menggunakannya dengan baik (terutama pemain yang tidak melakukan streaming audio melalui internet).

Sebenarnya semua bergantung pada kebutuhan kamu, yang jelas sebelum memilih diantara keduanya benahi dulu cara mainmu ya, beli keyboard atau Beli Speaker atau instrumen lainnya dan cobalah melakukan rekaman dengan ponselmu. Lihat dan perhatikan bagaimana kamu terus mengalami perkembangan.