Memilih Gitar Akustik atau Gitar Elektrik?

Gitar merupakan salah satu alat musik yang banyak dimainkan oleh orang. Baik orang dewasa, tua maupun anak-anak pasti tidak asing dengan alat musik ini. Gitar merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Gitar yang memiliki dawai ini merupakan alat musik yang paling digemari karena menyajikan nada dan suara yang indah. Terdapat dua jenis gitar yang secara umum sering digunakan yakni gitar akustik dan gitar elektrik. Baik gitar elektrik dan gitar akustik memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin memilih sebuah gitar sebaiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan dari gitar akustik dan gitar elektrik.

f:id:nanas6462:20150317115723j:plain



Kelebihan dan Kekurangan Gitar Akustik
Gitar akustik merupakan alat musik berdawai yang memiliki body berlubang pada bagian tengahnya. Jenis gitar ini adalah gitar yang paling sering kita jumpai. Lubang yang terdapat pada body gitar merupakan suatu resonansi yang berfungsi menghasilkan suara. Selain itu, melalui lubang tersebut, suara yang berasal dari petikan dawai akan terdengar lebih keras.

Kelebihan utama dari gitar ini adalah suaranya yang alami dan natural serta jernih dan bersih. Bagi Anda yang menyukai lagu melankolis dan lembut sangat cocok menggunakan gitar jenis ini. Biasanya gitar akustik digunakan untuk membawakan melody nada rendah dan meramaikan musik jazz, keroncong dan musik klasik lainnya. Selain itu, gitar akustik memiliki berat yang lebih ringan dan mudah dibawa.

Kekurangan pada gitar akustik adalah dari kekuatan suara yang dihasilkan. Karena hanya mengandalkan sebuah lubang resonansi maka kekuatan suaranya kurang maksimal. Oleh sebab itu kurang cocok digunakan di luar ruangan.

Kelebihan dan Kekurangan Gitar Elektrik
Gitar elektrik merupakan salah satu gitar yang menggunakan media berupa aliran listrik sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih keras. Dawai yang dimiliki pada gitar elektrik terbuat dari magnet yang dikenal dengan pickup gitar. Bagian pick up tersebut dapat menghasilkan suara jika dipetik apabila terhubung dengan sumber arus listrik sehingga mampu meghasilkan suara lebih keras.

Kelebihan gitar elektrik adalah memiliki kekuatan suara yang lebih baik sehingga lebih atraktif dan menghibur serta dapat memainkan berbagai jenis suara. Untuk penggunaan dalam maupun luar ruangan juga akan menghasilkan suara yang lebih baik.

Kekurangan yang terdapat pada gitar elektrik adalah suara yang dihasilkan bukanlah suara natural dan kurang alami. Selain itu, untuk memainkan gitar tersebut dibutuhkan perangkat dan sambungan listrik agar dapat menghasilkan suara sehigga membuat alat musik ini sulit untuk dibawa.