Tips membeli gitar ukulele

Gitar ukulele gini sedang mendapat pamornya kembali setelah beberapa dekade tidak terdengar. Ukulele memiliki ukuran dan bentuk yang lebih kecil dari gitar biasa. Karena itu orang yang lebih banyak menggunakan gitar jenis ini lebih banyak bertubuh mini, namun banyak juga gitaris-gitaris bertubuh raksasa yang menyukai instrument satu ini.

Jika anda tertarik membeli gitar ukulele baik sebagai koleksi atau untuk dimainkan sebaiknya anda mengetahui dulu hal-hal penting dari gitar ini. Tips pertama ketika memilih gitar ukulele adalah pilih ukuran yang pas, ukulele memiliki banyak ukuran dan model, yang paling kecil bernama soprano sedangkan yang paling besar dinamakan baritone.

Model paling kecil memiliki ukuran 33 cm dengan tuning G’C’E’A’, tipe ini sangat cocok digunakan untuk pemula karea memiliki bentuk kecil dan raping serta mudah dibawa kemanapun. Jenis ukulele kedua adalah concert dengan ukuran 38cm dan tuning G’C’E’A’.  Tipe ini banyak dipakai oleh para musisi untuk tampil diatas panggung, karena bentuknya yang pas alias tidak begitu besar dan tidak begitu kecil.

Jika anda sering tampil diatas panggung disarankan untuk beli gitar ukulele jenis ini. Sementara jenis ketiga adalah model temor yang memiliki ukuran panjang 43 cm dengan tuning G’C’E’A atau D’GBE’. Sementara model terakhir adalah baritone yang merupakan model ukulele paling besar panjangnya mencapai 48cm dengan tuning DGBE’.

Itulah tips yang bisa anda perhatikan dari segi ukuran dan jenis ukulele, jangan sampai salah beli dan sesuaikan dengan kebutuhan serta keuangan anda. Jika hanya untuk sekedar koleksi sebaiknya beli yang murah dan unik saja, namun jika untuk serius tidak ada salahnya berkorban banyak untuk mendapat ukulele terbaik.